Tips Cara Memilih Pompa Air

Pompa air merupakan peralatan rumah sudah menjadi kebutuhan utama di rumah tangga saat ini.
Adanya pompa air membuat kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mandi atau menyiram tanaman menjadi lebih mudah.

Memilih pompa air sebenarnya tidak terlalu sulit, Hal yang perlu diinggat adalah jangan gampang tergoda dengan penawaran produk bagus atau harga murah, tapi perhatikan spesifikasi pompa tersebut dengan teliti.

Tips dan Trik Membeli Pompa Air

1. Ketahui sumber air terlebih dahulu

Maksudnya air yang akan di alirkan apakah dari sumur gali, sumur bor,  penampungan air atau sumber lainya.

2.Berapa tinggi permukaan air dengan pompa

Tinggi permukaan air adalah jarak antara pompa air dengan permukaan air. Jarak tersebut dapat Anda tanyakan ke tukang sumur, biasanya mereka sudah berpengalaman atau kalau sumur gali dapat dilakukan dengan mengantungkan paku pada seutas tali sampai ke permukaan air dan ukur berapa panjangnya.
Perkirakan juga pada musim kemarau dan musim hujan. Pada musim kemarau air akan susut jarak pompa menjauh. Kalau musim hujan permukaan air naik, hati-hati penempatan pompa jangan sampai kerendam air.
Hal tersebut diatas sebaiknya ketahui dulu sebelum Anda ke toko pompa.

3. Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa

Bandingkan antara tinggi permukaan air dengan daya hisap pompa. Pilih pompa air yang daya hisapnya lebih tinggi dari jarak permukaan air. Karena daya hisap yang dicantumkan pabrik adalah daya hisap maximal. Sebagai contoh kalau permukaan air kurang dari 7 meter, gunakan pompa dengan daya hisap 9 meter yaitu pompa sumur dangkal. Begitu juga seterusnya pada jarak permukaan air yang lebih tinggi.
Untuk daya dorong, kalau jaraknya pendek sekitar rumah biasanya sudah cukup, tapi kalau jaraknya panjang diperhitungkan tersendiri. Standard tersebut umumnya sama pada semua merek.

4. Daya listrik.

Tentunya daya listrik disesuikan dengan listrik terpasang dirumah anda. Pada umumnya start awal on menyalakan pompa  memerlukan daya listrik dua kali lebih besar dari daya listrik normal. Hal lain adalah daya listrik pompa yang lebih tinggi tidak mempengaruhi daya hisap pompa tersebut. sebagi contoh pompa dengan daya hisap 7 meter dengan listrik 125 watt tidak lebih baik dari pompa dengan listrik 200 watt daya hisap yang sama. Jadi pilihlah yang listrik lebih hemat.

5. Kualitas dan Harga

Kualitas pompa air banyak ditentukan oleh bahan yang digunakan. Pilih bahan yang tahan karat agar tahan lama seperti stainless steel dll.
Bahan yang berkualias mempengaruhi harga pompa tersebut. Ini tergantung budget yang Anda punya. Pompa air ada yang harga rendah seperti merek Airlux, Pompe dll. Yang sedang DAB, Panasonic, Shimizu dll. Yang tinggi Sanyo, Grundfos, Hitachi dll.
Sekarang tergantung Anda dan biasanya harga juga menentukan kualitas.

6. Garansi

Perhatikan garansi, kerena barang yang mempunyai garansi berarti pabrikan bertanggung jawab dan menunjukan juga kualitas barang tersebut baik.

sumber: http://caramemilih.blogspot.com/2010/12/tips-dan-trik-membeli-pompa-air.html

Categories: informasi pompa air | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: