Penjelasan tentang Pompa Air Submersible

pompa air submersible (or electric submersible pump (ESP)) adalah perangkat yang memiliki motor tertutup rapat dekat atau digabungkan dengan tubuh pompa. Seluruh komponen terendam dalam cairan/air yang akan dipompa. Keuntungan utama dari jenis pompa submersible adalah bahwa hal itu mencegah kavitasi pompa, masalah terkait dengan perbedaan elevasi tinggi antara pompa dan permukaan cairan. Pompa submersible mendorong cairan ke permukaan sebagai lawan jetpump harus menarik cairan. Submersibles lebih efisien daripada jetpump.

ESP systems are effective for pumping produced fluids to surface.

Pompa air  ini digunakan dalam instalasi ESP adalah pompa sentrifugal bertingkat yang beroperasi dalam posisi vertikal. Meskipun fitur mereka konstruksi dan operasional mengalami evolusi yang berkelanjutan selama bertahun-tahun, prinsip dasar operasional mereka tetap sama. Cairan yang dihasilkan, setelah menjadi sasaran kekuatan sentrifugal yang besar disebabkan oleh kecepatan rotasi tinggi impeller, kehilangan energi kinetik mereka dalam diffuser dimana konversi kinetik menjadi energi tekanan terjadi. Ini adalah mekanisme operasional utama dari pompa aliran radial dan campuran.

Poros pompa air terhubung ke pemisah gas atau pelindung dengan kopling mekanis di bagian bawah pompa. Nah cairan memasuki pompa melalui layar intake dan diangkat oleh bagian-bagian pompa stages.Other termasuk bantalan radial (bushing) didistribusikan sepanjang poros memberikan dukungan radial pada poros pompa berputar pada kecepatan rotasi tinggi. Sebuah bantalan dorong opsional memakan bagian dari gaya aksial yang timbul di pompa tapi kebanyakan dari mereka pasukan diserap oleh bantalan dorong pelindung itu.

Pompa Submersible ditemukan di banyak aplikasi. Pompa air satu tahap digunakan untuk drainase, limbah pompa, industri umum memompa dan memompa bubur. Mereka juga populer dengan filter akuarium. Beberapa tahap pompa submersible biasanya diturunkan lubang bor dan digunakan untuk abstraksi air, sumur air dan dalam sumur minyak.

Perhatian khusus pada jenis ESP diperlukan bila menggunakan beberapa jenis cairan. ESP yang biasa digunakan di kapal angkatan laut tidak dapat digunakan untuk ruang banjir terkontaminasi. Ini menggunakan sebuah 440 volt A / C motor yang mengoperasikan pompa sentrifugal kecil. Hal ini juga dapat digunakan mengeluarkan air, mengambil hisap dengan selang inci 2-1/2 tidak dilipat. Cairan dipompa diedarkan sekitar motor untuk tujuan pendinginan. Ada kemungkinan bahwa bensin akan bocor ke dalam pompa menyebabkan kebakaran atau menghancurkan pompa, sehingga air panas dan cairan yang mudah terbakar harus dihindari.

ESP penggunaan dalam sumur minyak

Pompa air submersible yang digunakan dalam produksi minyak untuk memberikan bentuk yang relatif efisien “angkat buatan”, mampu beroperasi di berbagai laju aliran dan kedalaman. Dengan mengurangi tekanan di bagian bawah dengan baik (dengan menurunkan tekanan dasar sumur mengalir, atau meningkatkan penarikan), minyak secara signifikan lebih dapat diproduksi dari sumur jika dibandingkan dengan produksi alam. Pompa biasanya bertenaga listrik dan disebut sebagai Pompa Submersible Listrik (ESP).

Sistem ESP terdiri dari kedua komponen permukaan (disimpan di fasilitas produksi, misalnya sebuah platform minyak) dan sub-permukaan komponen (ditemukan di dalam lubang juga). Permukaan komponen pompa air submersible termasuk kontroler motor (sering kontroler kecepatan variabel), kabel permukaan dan transformer. Komponen bawah permukaan biasanya termasuk pompa, motor, segel dan kabel. Sebuah pemisah gas kadang-kadang terinstal.

Pompa itu sendiri adalah unit multi-tahap dengan jumlah tahap yang ditentukan oleh kebutuhan operasi. Setiap tahap terdiri dari impeller driven dan diffuser yang mengarahkan aliran ke tahap berikutnya dari pompa. Pompa air submersible hadir dalam diameter dari 90mm (3,5 inci) sampai 254mm (10 inci) dan bervariasi antara 1 meter (3 kaki) dan 8,7 meter (29 kaki) panjangnya. Motor digunakan untuk menggerakkan pompa biasanya fase tiga, rotor sangkar motor induksi, dengan rating daya papan nama di kW 7,5 rentang 560 kW (pada 60 Hz).

Varietas baru ESP dapat mencakup pemisah air / minyak yang memungkinkan air yang akan reinjected ke dalam reservoir tanpa perlu mengangkatnya ke permukaan. Setidaknya ada 15 merek ESPs ladang minyak digunakan di seluruh dunia. Sampai saat ini, ESPs sudah sangat mahal untuk menginstal karena kebutuhan dari downhole kabel listrik. Kabel ini harus membungkus pipa disambung dan terhubung pada setiap sendi. Baru digulung umbilical pipa memungkinkan untuk kedua pipa dan kabel listrik untuk digunakan dengan unit melingkar tabung tunggal konvensional.

Sistem ESP terdiri dari sejumlah komponen yang mengubah serangkaian dipentaskan pompa air sentrifugal untuk meningkatkan tekanan dari cairan dengan baik dan dorong ke permukaan. Energi untuk menghidupkan pompa berasal dari sumber tegangan tinggi (3 sampai 5 kV) bolak-saat ini untuk menggerakkan motor khusus yang dapat bekerja pada suhu tinggi sampai dengan 300 ° F (149 ° C) dan tinggi tekanan sampai 5.000 psi (34 MPa), dari sumur dalam hingga 12.000 kaki (3,7 km) yang mendalam dengan kebutuhan energi tinggi hingga sekitar 1000 tenaga kuda (750 kW). ESPs memiliki efisiensi secara dramatis lebih rendah dengan fraksi yang signifikan dari gas, lebih besar dari volume 10% pada asupan pompa. Mengingat kecepatan tinggi rotasi mereka hingga 4000 rpm (67 Hz) dan jarak bebas yang ketat, mereka tidak sangat toleran terhadap padatan seperti pasir.

Sumber : http://fiveposting.blogspot.com/2012/05/submersible-pump-adalah.html

 

About these ads
Categories: informasi pompa air | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: